SMD

Survey Mawas Diri

Survei Mawas Diri (SMD) merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh warga pondok pesantren bersama-sama petugas puskesmas dalam mengenali keadaan dan masalah kesehatan dilingkungan pesantren, Serta mengenali potensi yang dimiliki.Tujuan SMD agar kader poskestren mampu melakukan telaah mawas diri dan diperolehnya informasi tentang keadaan atau masalah kesehatan yang dihadapi sendiri oleh mereka di pesantrennya. Survie mawas diri dilakukan oleh kader-kader (Santri Husada)  sendiri didampingi oleh para pengurus poskestren dengan bimbingan tenaga kesehatan puskesmas Jatiroto dan fasilitator dari dinas kabupaten lumajang sehingga masalah yang di temukan benar-benar dirasakan dan disepakati oleh mereka. Dengan demikian, diharapkan mereka menjadi sadar akan permasalahan yang dihadapi di pesantrennya, serta bangkit niat atau tekad untuk mencari solusinya. SMD dilakukan dengan teknik wawancara/observasi  terhadap kegiatan lingkungan pondok pesantren.Tennik wawncara dilakukan terhadap 20% dari masyarakat pondok pesantren.Hasil dari SMD adalah inventarisasi data atau informasi tentang masalah kesehatan dan potensi yang dimiliki oleh warga pondok pesantren.Setelah data atau informasi berhasil dikumpulkan maka upaya selanjutnya adalah merumuskan masalahnya dan menemukan solusi dari masalah yang di temukan di pondok pesantren.

Sebelum dilakukan SMD ini terlebih dahulu telah dilakukan pertemuan yang bertujuan untuk memberikan pembekalan keterampilan bagi kader serta pengurus poskestren dalam melakukan SMD. Adapun materi dalam pertemuan tersebut disampaikan oleh staf poskesmas Jatiroto yaitu:

  • Teknik Melakukan SMD
  • Pengenalan masalah kesehatan yang berhubungan dengan perilaku (PHBS)
  • Pengenalan masalah kesehatan lingkungan
  • Pengenalan masalah yang berkaitan dengan gizi
  • Pengenalan masalah yang berkaitan dengan kebutuhan sarana seperti, sarana air bersih,tempat pembuangan sampah, pengelolaan limbah pesantren, dan jamban/WC.

Kegiatan pengumpulan data masalah kesehatan di pondok pesantren yaitu pengumpulan data tentang:

  • Ketajaman indra penglihatan dan pendengaran santri
  • Kesehatan lingkungan di kawasan pondok Pesantren
  • Status gizi santri