Kesehatan merupakan salah satu inventaris penting untuk menjalani aktifitas keseharian dalam hidup manusia. Oleh karena itu, salah satu hal yang bisa mengantar kehidupan itu sehat ialah dengan melakukan pengecekan kesehatan secara rutin. Terlebih pada seorang pelajar, sangatlah dibutuhkan untuk menjaga kesehatan. Karena, jika seorang pelajar dalam kondisi tidak sehat kemungkinan besar hal itu bisa menjadi problem yang sangat sulit untuk mendapatkan informasi ilmu.

Menyikapi pelajar agar bisa belajar dengan baik dan sehat, Pihak Puskesmas Jatiroto Lumajang bekerja sama dengan pihak poskestren untuk melanjutkan screaning kesehatan yang kemarin (19/09/2022).

Pada kesempatan kali ini, proses screaning di eksekusi langsung oleh pihak Puskesmas Jatiroto Lumajang dengan didampingi pihak Poskestren Miftahul Ulum.

Sebanyak 480 siswa dari berbagai lembaga formal yang ada dibawah naungan Yayasan Miftahul Ulum mengikuti pemeriksaan tersebut dengan diperiksa oleh 9 petugas dari Puskesmas Jatiroto Lumajang dengan menjadi dua tempat yaitu Aula PPMU Bakid dan Gedung Terpadu PPMU Bakid. Pemeriksaan tersebut meliputi kesehatan gigi, mata, mulut, telinga dan kesehatan umum yaitu kulit.

Menurut H. Muki Erwansyah, S.Kep. (Pihak Puskesmas) hasil pemeriksaan akan digunakan sebagai data untuk melakukan evaluasi kesehatan siswa dan ditindak lanjuti dengan merujuk siswa yang memiliki masalah kesehatan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut di Puskesmas Jatiroto Lumajang. “Kami dari pihak Puskesmas Jatiroto juga memeriksa kulit siswa, karena permasalahan yang biasanya muncul dari santri yang statusnya sekarang siswa ialah penyakit kulit seperti bisul, gudik, cacar, dll.” ungkap H. Muki.

Dilanjut Oleh Iklil Sulaiman (Pihak Puskesmas) menerangkan pelaksanaan pemantauan kesehatan bagi siswa ini dilakukan secara rutin di setiap sekolah yang berada di lingkup kecamatan Jatiroto. Tujuan dari kegiatan ini ialah salah satu bentuk agar siswa benar benar memiliki kesehatan prima dan jika memiliki masalah kesehatan bisa dideteksi sedini mungkin sehingga bisa ditangani dengan cepat. Jadi hal yang diharapkan ialah kesehatan siswa sekolah bisa terjaga dan siswa bisa mengikuti program pembelajaran menjadi lebih efektif.

Sementara itu pihak Poskestren, Nurwafi, S.H. (Waka Posketsren) menyampaikan semoga kerjasama dengan Puskesmas Jatiroto terjalin lebih baik.“Harapan kami, kerja sama ini bisa terus berlanjut dengan baik dan semoga agenda kegiatan Screaning ini bisa menjadi amal baik.” Pungkas Nurwafi.