Jum’at (02/10/20) usai melakukan senam sehat bersama semua santri dan pengurus melakukan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap Jum’at yaitu Jum’at Bersih disingkat JUBER. Kegiatan JUBER adalah kegiatan bersih-bersih di seluruh lingkungan Pesantren yang diikuti oleh seluruh santri dalam rangka menjaga dan menjamin kebersihan lingkungan pesantren.

Tampak semua santri bergotong royong saling bahu membahu satu sama lain membersihkan semua sudut pesantren. Mulai dari kamar, daerah dan madrasah.

Kegiatan JUBER dikomandani oleh Ketua Kebersihan, Kesehatan dan Olahraga (K2O), Ahmad Taufik Rizal dibantu oleh Tim Santri Husada dan Tim Semut Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk menggerakkan santri peduli terhadap lingkungan Pesantren agar tercipta pesantren bersih dan sehat.

“JUBER ini tidak hanya di lingkungan Pesantren saja, tetapi juga di luar area Pesantren. Semuanya harus bersih”ujar Ketua Poskestren Miftahul Ulum Aldi Firmansyah.

“Juber ini merupakan program kegiatan rutin yang sudah lama dilaksanakan oleh santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum. Alhamdulillah hingga saat ini terus kita laksanakan. Tidak ada lain maksud dan tujuan kecuali demi meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan santri. Karena Sehat itu berawal dari saya.” Imbuh pria yang masih menjomblo hingga saat ini.