Senam pagi merupakan suatu aktifitas fisik yang perlu diadakan untuk menjaga kebugaran jasmani para Santri. Gerakan-gerakan senam pagi bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh, melancarkan peredaran darah sehingga lebih sehat dan segar. Paparan sinar matahari pagi juga bagus bagi tubuh karena kandungan vitamin D alaminya. Jika tubuh sehat dan bugar secara fisik, Maka Para Santri bisa Meningkatkan daya tahan tubuh untuk menangkal penyebaran virus corona (Covid 19 ).

Senam juga dapat memperkuat tulang, membantu menormalkan aliran darah dan melatih urat saraf yang kaku serta meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh. Olahraga ini juga bisa menjaga fungsi otak, mencegah pikun, juga bisa mengurangi stress dan membuat lebih bahagia karena dengan kita melakukan gerakan senam maka tubuh akan melepaskan hormon endorphine.Banyak manfaat yang kita dapatkan melalui olahraga senam.

Oleh karena itu senam menjadi agenda rutin di Pondok Pesantren Miftahul Ulum yang dilakukan pada hari Jum’at dan selasa pagi, Apalagi Seperti saat ini dunia sedang di hantui oleh rasa takut terhadap Virus Corona yang sekarang menjadi masalah kesehatan dunia, Waka Pengurus Ponpes Miftahul Ulum “Menyarankan semua santri agar bisa menjaga kesehatan dan olahraga teratur serta mengkonsumsi makanan yang mengandung Gizi seimbang guna meningkatkan kesehatan dan mengantisipasi terhadap virus Corona,” ujarnya

Ketua Posketren Miftahul Ulum, Aldi Firmansyah Menyampaikan; “ untuk meningkatkan Taraf kesehatan santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum perlu memang diadakan senam rutin yang arahnya memang untuk meningkatkan daya tahan tubuh santri supaya santri mampu menyiapkan kesehatan diri dalam bentuk situasi apapun.”Langkah langkah lain juga diambil oleh ketua K2O ( Kebersihan, Kesehatan dan Olahraga ) Ust. Taufiq Ahmad Rizal atas intruksi dari kepengurusan pondok pesantren Miftahul ulum, seperti: Lomba jasmani dan Lomba Hiburan-hiburan lainnya. Dengan tujuan agar santri tidak jenuh dalam menjalani kegiatan sehari hari mengingat aktifitas kegiatan belajar mengajar di pondok pesantren miftahul ulum sebagian ada yang diliburkan liburkan Untuk Mengantisapasi Penyabaran Covid 19. (AF)