Jumat, (13 Agustus 2021)  adalah waktu untuk semua santri membersihkan lingkungan mereka. Agenda bulanan ini rutin dilaksanakan setiap Jumat Legi dengan melibatkan semua pihak. Mulai dari asatidz, Santri senior, santri junior, santri di bawah umur, semua staf dan ketenagaan pesantren terutama koordinator kebersihan.

Dalam momen sebulan sekali ini, semua santri bisa memiliki banyak waktu untuk mengusir semua kotoran dan debu yang menempel di jendela kamar, tembok asrama, bahkan mengepel lantai asrama mereka. Intinya semua barang yang perlu dibersihkan mereka bersihkan hingga kinclong. Sebagaimana dalam foto, nampak santri-santri membersihkan jendela yang jarang terjamah dan sudut-sudut tembok yang rawan menjadi tempat hinggap serangga dan laba-laba

Santri membersihkan sudut-sudut tembok asrama

Sudut-sudut pesantren yang jarang terjangkau saat piket harian, pada momen JUBER ini turut menjadi bagian wajib yang harus dibersihkan. Team Semut sebagai staf kebersihan pesantren bertugas untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Santri Husada ikut serta dalam kegiatan ini dengan mengontrol kelancaran kegiatan menuju setiap asrama bahkan setiap kamar.

Sedangkan untuk senam santri, pada hari ini diliburkan untuk sementara. Tujuannya tak lain agar semua santri bisa mendapatkan waktu lebih lama untuk bersih-bersih. Riskul Yasir selaku ketua staf kebersihan dan bank sampah mengungkapkan bahwa diliburkannya senam ini bertujuan untuk menciptakan keseimbangan antara kesehatan badan dengan kebersihan lingkungan. “Kegiatan JUBER ini menuntut semua santri untuk bergerak membersihkan lingkungan mereka, sehingga sama nilainya dengan senam” ungkapnya.