Jum’at, 28 juli 2023, bertepatan dengan tanggal 10 Muharram, POSKESTREN MIFTAHUL ULUM menggelar acara khitan gratis. Pada tahun ini acara bertema “Meraih Keberkahan dalam Indahnya Berbagi” dan digelar di gedung lantai 2 Poskestren. Hal ini merupakan bentuk kepedulian Poskestren Miftahul Ulum kepada Masyarakat sekaligus suatu bentuk pengamalan terhadap syari’at agama Islam dengan harapan terjalinnya hubungan sosial yang baik antara Poskestren Miftahul Ulum dengan masyarakat setempat.

Acara khitan gratis berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala. Sebanyak 16 peserta khitan gratis ditangani oleh tim medis ahli khitan dari Rumah Khitan Canggih Paiton yang berjumlah 4 orang dan dibantu oleh 2 petugas medis dari RSNU PERMATA Lumajang. Metode khitan yang digunakan pada tahun ini adalah metode khitan canggih “magic sealer Korea”.

Para peserta yang khitan didampingi oleh 2 wali melakukan pendaftaran terlebih dahulu terhadap tim administrasi dilantai bawah untuk mendapatkan nomor antrian , lalu di arahkan ke lantai 2 guna mengikuti Ceremonial acara. Acara dibuka dengan pembacaan surat al-fatihah, lalu sambutan dari ketua Poskestren, pengurus yayasan miftahul ulum dan staf medis ahli khitan, kemudian disusul dengan pembagian bingkisan, dan  berlanjut pada acara inti yakni prosesi khitan gratis.

Dalam pelaksanaannya, acara ini dipandu oleh ketua Poskestren Miftahul Ulum; Riskul Yasir S.H. bekerja sama dengan Abdul Hafidz, sebagai Owner Rumah Khitan Canggih Paiton dan berkoordinasi dengan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Miftahul Ulum. Dalam hal ini Poskestren miftahul ulum juga berpartisipasi dalam kegiatan acara santunan anak yatim dengan membagikan bingkisan terhadap para anak yatim yang diselenggarakan di depan kantor yayasan miftahul ulum.

Harapan atas terselenggaranya rangkaian acara tersebut adalah semoga dapat membawa keberkahan dan memberi manfaat serta kedepannya Poskestren Miftahul ulum  dapat meningkatkan kualitas kinerjanya sehingga dapat mewujudkan kemandirian warga Pondok Pesantren dan masyarakat dalam berperilaku Hidup Bersih, sehat, cerdas dan bermartabat serta peduli dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan umat.