Islam merupakan agama yang sempurna. Ajarannya mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, salah satu aspek yang diperhatikan dalam Islam adalah tentang kesehatan karena kesehatan merupakan hal yang mutlak dalam menjalani aktivitas kehidupan manusia, bila tubuh manusia dalam keadaan sehat mereka bisa melakukan aktivitas ibadah (hubungan manusia dengan Tuhannya), aktivitas sosial (hubungan manusia dengan manusia), serta aktivitas dunia (hubungan manusia dengan alam) dengan baik terhadap semua aspek tersebut.

“Akal yang sehat terdapat dalam tubuh yang sehat (Mens sana in corpore sano). Begitu pepatah lamanya yang mengungkapkan pentingnya kesehatan.

Senin, (24/08/20) Poskestren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang menggelar cek kesehatan dan golongan darah bagi pengurus Poskestren dan anggota santri husada. Pemeriksaan kesehatan ini sebagai tindak lanjut atas kekerjasama dan komitmen bersama dengan Klinik Kesehatan NU Kabupaten Lumajang dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga pesantren dan menciptakan pesantren tangguh.

Pemeriksaan terhadap pengurus poskestren dan santri husada ini dilakukan karena menjadi garda terdepan dalam pengendali dan pengawasan terhadap kesehatan santri di Pondok Pesantren. Sebagai petugas garda terdepan dalam pengawasan kesehatan di Pesantren, maka harus dapat dipastikan kesehatannya terlebih dahulu sebelum mereka melaksanakan tugasnya; apalagi di saat situasi seperti ini semua petugas harus benar-benar dalam keadaan sehat dan harus bekerja keras dalam mengendalikan kesehatan Santri di Pondok Pesantren.

“Pemeriksaan ini untuk memastikan bahwa pengurus poskestren dan santri husada kita benar-benar dalam kondisi sehat”. Ucap Ahmad Taufik Rizal selaku ketua K2O (Kebersihan, Kesehatan dan Olahraga) Pesantren.

“Santri husada inilah yang bertugas mensosialisasikan dan menumbuhkan kesadaran santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), selalu menjaga kebersihan, menjaga pola makan dan lain-lainnya.” tegasnya

“Kami juga berharap Santri husada inilah untuk menjadi pioneer dan penggerak kesehatan di pesantren sehingga mampu menciptakan pesantren bersih, sehat dan tangguh”. Pungkasnya

Semetara itu, Ketua Poskestren Miftahul Ulum, Aldi Firmansyah juga menyampaikan bahwa cek kesehatan ini tidak hanya untuk pengurus kesehatan tetapi juga untuk semua santri yang sudah teragendakam dan terjadwal.

“Cek kesehatan semua Santri sudah dijadwal oleh Poskestren Miftahul Ulum, hari. Ini adalah jadwalnya pengurus dan santri husada” ujarnya.

Di samping cek kesehatan, agenda hari inj adalah cek golongan darah yang juga diikuti oleh beberapa pimpinan lembaga dan tenaga pendidik.

“Agenda ini bukan hanya cek kesehatan saja, tetapi juga sekaligus pengecekan golongan darah yang mana hal ini tidak hanya diikuti oleh Santri Husada dan Pengurus Kesehatan tetapi juga diikuti oleh beberapa pimpinan lembaga dan tenaga pendidik di bawah naungan Yayasan Miftahul Ulum”. Jelasnya

“Ke depan kita juga akan merencanakan kegiatan bakti sosial Donor Darah, sehingga mungkin bisa bermanfaat bagi yang membutuhkannya.” Imbuhnya.

Salah satu pimpinan lembaga yang ikut dalam kegiatan tersebut, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd menyampaikan dukungan dan apresiasinya atas kegiatan ini.

“Sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Semoga terus istiqamah.” tutur Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 ini.