Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu, diharapkan bukan hanya keterlibatan pemerintah saja dalam menjaga kebersihan lingkungan melainkan juga masyarakat.

Dari dulu sampai sekarang masalah sampah tidak pernah ada habisnya. Dimana-mana masalah sampah ini selalu menjadi polemik baik dilingkungan perkotaan ataupun pedesaan bahkan di lingkungan pendidikan seperti Pesantren.

Peran santri dalam menangani masalah sampah sangatlah diperlukan, karena pengelolaan sampah yang ada hingga saat ini masih saja belum teratasi sepenuhnya dari sampah organik, Anorganik dan B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun).

Melihat kondisi nyata seperti di atas, Poskestren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang melalui Bidang Bank Sampahnya telah menyusun sebuah program untuk mengatasi permasalahan sampah yang ada di pesantren; yaitu Dari Sampah menuju barang Berguna. Program tersebut merupakan program pengelolaan sampah yang ada menjadi suatu hal yang berharga dan bermanfaat. Di samping untuk menekan keberadaan sampah di lingkungan pesantren tetapi juga untuk memberikan keterampilan dan menumbuhkan kreativitas bagi santri agar dapat memanfaatkan dan mendayagunakan sampah menjadi barang yang berguna dan memiliki nilai jual.

Untuk merealisasikan program tersebut, Kabid. Bank Sampah Posketren Miftahul Ulum melakukan silaturrahim kepada Direktur Bank Sampah Induk Kabupaten Lumajang Bapak Danar Indra Kusuma S., S.E. di kantor Bank Sampah Lumajang, Selasa (13/10/20).

Dalam pertemuan singkat tersebut, kedua belah pihak telah bersepakat untuk menindaklanjuti rencana dan program tersebut dengan mengadakan pembinaan dan pelatian pengelolaan sampah di lembaga-lembaga yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Miftahul Ulum baik lembaga formal maupun non-formal, sehingga Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bakid Bisa menjadi Eco Pesantren di Kabupaten Lumajang.

“Insya Allah kami bersedia membina santri dan siswa-siswi PP. Miftahul Ulum Banyuputih Kidul, mungkin nanti kami bisa mulai pembinaan dan pelatihan di bulan November, karena untuk bulan bulan ini kami masih Full kegiatan yang salah satunya adalah persiapan launching Pesantren Ramah Lingkungan atau Eco Pesantren Pondok Pesantren Asy-Syarify Pandanwangi Lumajang.” ujar Danar Indra Kusuma

“Untuk Pelatihan santri/siswa bisa dari DLH yang datang Ke Pondok pesantren, atau dari pondok pesantren yang datang ke sini. Yang penting kita sama-sama berusaha dalam mengatasai sampah dengan menjalin kerjasama dengan pihak pihak terkait, dan semoga bermanfaat dan menjadi berkah” Imbuhnya.