Upaya untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan melalui pendidikan lingkungan akan memberikan andil besar dalam mencegah perusakan lingkungan lebih jauh bahkan memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi.

Pendidikan berbasis eco-pesanten merupakan kegiatan untuk menjadikan pondok pesantren berbasis ramah lingkungan melalui bentuk-bentuk kegiatan seperti peningkatan pola hidup yang ramah lingkungan, pengembangan unit kesehatan dan lingkungan dalam pesantren, memasukkan kurikulum lingkungan dalam pesantren serta melakukan aksi nyata dalam pengelolalan sampah, air bersih, sanitasi dan MCK, yang dapat dijadikan percontohan dan pembelajaran bagi masyarakat sekitarnya.

Poskestren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul sebagai salah unit lembaga yang menjadi garda terdepan dalam mewujudkan kesehatan para santri dan pesantren sehat nan asri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bakid melakukan kunjungan ke Pesantren Asy-Syarifiy Pandanwangi Lumajang, Selasa (13/10/20)

Pondok Pesantren As-Syarifiy yang terletak di Desa Pandanwangi Lumajang merupakan Pondok Pesantren Pertama yang pada akhir bulan ini (Oktober 2020) akan dilaunching dan ditetapkan sebagai ECO PESANTREN di Kabupaten Lumajang yang rencananya akan diresmikan langsung oleh Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq, MML.

Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Ketua Poskestren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul tersebut dalam rangka untuk sharing informasi dan study lapangan terkait keberhasilan PP. Asy-Syarifiy mewujudkan model Eco Pesantren di Lumajang.

Rombongan pengurus Poskestren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul disambut oleh berberapa pengurus pesantren tuan rumah dan langsung melakukan diskusi di ruang terbuka area Pesantren. Sembari duduk santai di salah satu sudut lokasi pesantren yang penuh dengan kehijauan tersebut, pengurus Pesantren Asy-Syarifiy menjelaskan secara detail latar belakang, sejarah dan sistem pengelolaan lingkungan pesantrennya.

Usai mendengarkan penjelasan pihak Asy-Syarifiy, Kabid. Lingkungan Poskestren Miftahul Ulum, Hidayatul Hidayah dan Mahrus Aly Al-Anwari menyampaikan terimakasih atas ilmu yang telah diberikan oleh pihak Asy-Syarifiy. Di samping itu, pihaknya memohon ijin kepada pihak pesantren Asy-Syarifiy mengadopsi ilmu yang telah diperoleh dari silaturrahim ini untuk diterapkan di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul

“Semoga kami (Poskestren Miftahul Ulum Bakid : red) juga bisa mewujudkan lingkungan yang bersih, indah, asri nan hijau di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih kidul Jatiroto Lumajang.” ucap Hidayah

Diskusi dan sharing informasi, diakhiri dengan penyerahan cindera mata kepada Pengurus Pondok Pesantren Asy-Syarifiy oleh ketua Poskestren Miftahul Ulum berupa Hand Shop dan bunga hasil kreasi santri Miftahul Ulum yang terbuat dari bahan bekas dan sampah.