Pandemi Covid-19 telah menjadi pengingat yang kuat bahwa salah satu cara paling efektif dan sederhana untuk menghentikan penyebaran virus dan berbagai penyakit menular lainnya adalah dengan mencuci tangan dengan sabun dan air.

Fasilitas cuci tangan dengan sabun di rumah, sekolah, fasilitas kesehatan, fasilitas umum, perkantoran, lokasi kerja lainnya, serta ruang publik sangat penting untuk menjaga anak, pemuda, lansia, tenaga kependidikan, tenaga kesehatan, pekerja aman dari penyebaran Covid-19 dan penyakit menular lainnya.

Dalam rangka memperingati hari cuci tangan se dunia dan meningkatkan akses ke fasilitas cuci tangan dan mempromosikan perubahan perilaku hidup bersih di Indonesia Pengurus Poskestren Miftahul Ulum mengikuti Webinar Kampanye Cuci Tangan Nasional yang diselenggarakan oleh kemitraan Swasta dan Pemerintah, Kamis (15/10/20)

Webinar yang disiarkan langsung via zoom dan live streaming di youtube tersebut diikuti oleh beberapa pejabat petinggi pemerintah dan pimpinan daerah di seluruh Indonesia. Menteri Kesehatan Indonesia dr. Terawan Agus Purwanto, Menteri Dalam Negeri Prof. Dr. Tito Karnavian dan beberapa Walikota di seluruh Indonesia yang juga ikut menyampaikan argumentasinya.

Dalam kesimpulannya Dirjen Kemenkes Rl, Kirana Pritasari mengajak kepada semua pemangku kepentingan untuk bergabung dalam:

  1. Menjadikan kebersihan tangan dapat dilakukan semua orang
  2. Bekerja secara kolaboratif dengan semua pemangku kepentingan untuk perilaku CTPS.
  3. Memastikan bahwa promosi dan ketersediaan sarana cuci tangan terawat dan berkelanjutan.
  4. Menyampaikan pengetahuan tentang cuci tangan dengan benar