Dalam rangka memeriahkan hari santri Nasional tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Lumajang menyelenggarakan Webinar Hari Santri Nasional dengan Tema “ Santri Tangguh di Masa Pandemi Covid 19”
Acara di mulai jam 09.00 dan dibuka langsung oleh Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, M.ML. Webinar dihadiri tiga narasumber, yaitu, Dr. Nihayatul Wafiroh (Wakil Ketua Komisi IX DPR RI)sebagai narasumber peran dukungan DPR RI dalam penanganan Covid -19 dan saksi story pendamping Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi, dr. Bayu Wibowo (Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang) dan Plt Kepala Kemenag Kabupaten Lumajang, Santoso, M.Pd.

Usai mengikuti webinar Dinkes Kabupaten Lumajang, Ketua Poskestren Miftahul Ulum melanjutkan webinar yang diselenggarakan oleh Kementrian Kesehatan RI dalam acara puncak dari rangkaian kegiatan Kampanye 3M di Pesantren yang dilaksanakan secara offline bagi peserta pusat dan Daring untuk peserta daerah.

Diawali dengan do’a yang di Pimpin oleh Pengasuh Pon-Pes Al-Hamidiyah K. H. Ahmad Zarkasih, Sp.PD, dan dilanjutkan sambutan oleh Ketua Yayasan Al-Hamidiyah, dr. Imam Susanto Sjaichu, Sp.BP.

Dirjen Pendidikan Islam Prof. Dr. Muhammad Ali Ramadhani, S.TP, M.T menyampaikan terimakasih banyak kepada semua pihak yang terlibat dalam webinar tersebut. Harapannya kegiatan webinar dapat berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir.

Dirjen Kesehatan Masyarakat dr. Kirana Pitasari, MQIH dalam kesempatannya, membuka secara resmi acara tersebut dan memberikan kesempatan teleconference kepada lima Pondok Pesantren terpilih untuk menyampaikan pengalamannya dalam Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) mewakili Peserta yang hadir di seluruh Indonesia dengan dilanjutkan Diskusi.

Acara tersebut dimulai pukul 12.00 WIB – 15.00 WIB dan acara tersebut berjalan dengan khidmad tanpa ada kendala apapun.
Sebelum acara ditutup dengan do’a, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, melakukan Door Stop/ Konferensi Pers di Akhir acara .

Ketua Poskestren Miftahul Ulum, Aldi Firmansyah, berharap semoga semua rangkaian acara yang diselenggarakan semua pihak dapat bermanfaat bagi semuanya khususnya dalam misi memberdayakan Pesantren sehat dan Kuat bisa terwujud.