Kamis, (29/07/2021) Hari Kedua acara Bimtek dan Pelatihan Kesekretariatan dilaksanakan. Ust. Sahroni, S.Pd.I., M.Pd. selaku sekretaris Yayasan Miftahul Ulum Hadir dalam acara tersebut guna menyampaikan materi tentang Pengelolaan Administrasi dan Teknik Menulis Berita.

Sebelum memulai untuk menjelaskan materi, Ust. Sahroni terlebih dahulu menyampaikan bahwasanya Poskestren Miftahul Ulum termasuk salah satu dari beberapa Lembaga yang ada di bawah naungan Yayasan Miftahul Ulum yang paling aktif dalam mengelola Media Sosial termasuk Website yang dimilikinya. Beliau juga menyampaikan bahwa Kualitas sebuah lembaga di Pesantren dapat dilihat dari media social yang dimilikinya. “orang-orang di luar sana melihat kita dari situ, jika dalam pengelolaan media sosial kita baik, maka mereka memandang kita baik. Begitupun sebaliknya” Tukas beliau.

Ust. Sahroni, S.Pd.I., M.Pd. menjelaskan materi pengelolaan administrasi

Saat penyampaian materi, Ust. Sahroni mengajarkan kepada semua santri Husada tentang beberapa teori Administrasi, Manajemen, Organisasi dan lain sebagainya. Beliau juga menyampaikan perihal peraturan surat-menyurat dan tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh para anggota Organisasi.

Sempat pula Ust. Sahroni menceritakan sejarah dan latar belakang diadakannya akun-akun media sosial Yayasan Miftahul Ulum termasuk website mubakid.or.id . beliau menceritakan bahwa media sosial yang ada saat ini dibuat atas perintah dari Putra Pengasuh Lora Is’adur Rofiq sekitaran tahun 2018. Sebenarnya, Ust. Sahroni sendiri sudah mengusulkan tentang agenda pengadaan media sosial sejak tahun 2015, namun karena sedikit support, maka beliau mengurungkan hal tersebut.

Ketua Poskestren dan Sekretaris II Poskestren Miftahul Ulum menyimak penjelasan pemateri

Di akhir acara, beliau menyampaikan beberapa motivasi agar semua santri Husada terutama Sekretaris Poskestren Miftahul Ulum untuk terus memperbaiki administrasi di Poskestren Miftahul Ulum untuk kemudian mengambangkannya. “inti dari administrasi itu ya uktub ma ‘amilta, wa i’mal ma katabta; tulis yang engkau kerjakan, dan kerjakan yang engkau tulis” Tukasnya.