Selasa, (03 Agustus 2021) Santri Husada Poskestren Miftahul Ulum adakan belajar bersama dalam rangka mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian baca kitab kuartal I. Kitab yang dipelajari adalah kitab yang menjadi materi ujian baca kitab yaitu Fathul Qorib Mujib karangan Syekh Ibnu Qosim Al-Ghazi.

Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum, ujian evaluasi bagi para siswa Madrasah Diniyah Miftahul Ulum dilaksanakan 3 kali selama setahun. Terdiri dari ujian tulis dan ujian baca kitab. Ujian itu menjadi salahsatu syarat para siswa agar dapat naik ke jenjang kelas berikutnya. Dan pada tahun ajaran ini, ujian baca kitab akan dimulai sejak senin esok (09 Agustus 2021) sampai selesai.

Santri Husada belajar bersama untuk persiapan ujian baca kitab Madrasah Diniyah Miftahul Ulum

Santri Husada Poskestren Miftahul Ulum tidak lupa akan hal tersebut. Di tengah kesibukan mereka menyelesaikan permasalahan kesehatan yang tak kunjung usai, kewajiban sebagai siswa Madrasah Diniyah tetap mereka jalankan dengan semestinya, termasuk mengikuti evaluasi belajar setahun 3 kali atau kuartal.

Ahmad Muhlisin selaku Bendahara Poskestren Miftahul Ulum mengungkapkan bahwa hal ini demi tercapainya singkronisasi antara kewajiban dengan pengabdian. Santri Husada yang bertugas sebagai petugas kesehatan tetap harus menjalankan kewajibannya sebagai santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum. “kegiatan untuk mengabdi kepada Pesantren tidak boleh menghilangkan kewajiban kita sebagai santri Kiai. Oleh karena itu, sudah seharusnya mereka melaksanakan belajar bersama untuk persiapan ujian mereka” ungkapnya.