(Senin, 8 Agustus 2022).

Dalam rangka memperingati tahun baru Hijriah tahun ini, tepatnya pada 10 Muharram 1444 H / 8 Agustus 2022, Poskestren Miftahul Ulum adakan acara khitan massal gratis.

Acara dengan tema “Meraih Keberkahan dalam Indahnya Berbagi” ini dilaksanakan di area Pondok Pesantren Miftahul Ulum, tepatnya di gedung transit Pondok pesantren Miftahul Ulum.

Khitan massal gratis berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan. Sebanyak 5 tim medis melaksanakan khitan kepada peserta acara yang berjumlah 30 peserta yang berasal dari sekitar Desa Banyuputih Kidul.

“Acara ini bertujuan sebagai wujud kepedulian Poskestren Miftahul Ulum kepada Masyarakat sekaligus suatu bentuk menyebarkan syari’at agama Islam dan mengharap agar menjadi salah satu pelantara rekatnya hubungan masyarakat dengan Poskestren Miftahul Ulum” Kata Haji Munir, Kabid. Sosekem Yayasan Miftahul Ulum.

Ketua Poskestren Miftahul Ulum, Aldi Firmansyah, S.H. mengungkapkan bahwa acara seperti ini merupakan acara rutin yang digelar setiap tahunnya, namun selama 3 tahun vakum karena pandemi Covid-19.

Dalam pelaksanaannya, Poskestren Miftahul Ulum Berkordinasi dengan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Miftahul Ulum dan bekerja sama dengan semua lembaga dibawah naungan Yayasan Miftahul Ulum, BAZNAS Kabupaten Lumajang, Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, Kepala Desa Banyuputih Kidul, dan DPRD Kabupaten Lumajang. Sedangkan untuk tim medis pelaksana khitan, Poskestren Bekerja Sama dengan Rumah Khitan Canggih Probolinggo, Klinik Kesehatan NU Lumajang, dan Puskesmas Jatiroro Lumajang.

Sementara itu Bapak Usman Afandi, S.Pd. selaku DPRD Kabupaten Lumajang mengatakan acara kali ini merupakkan bentuk  kegiatan membantu pemerintah dalam mensosialisasikan dan mewujudkan program pelayanan kesehatan. “Semoga Poskestren Miftahul Ulum kedepannya tambah maju dan bisa menolong pemerintah dalam melayani kesehatan masyarakat” ungkapnya.