Rabu, 18 oktober 2023, Poskestren Miftahul Ulum menjadi tuan rumah dalam acara “JAMBORE KADER SANTRI HUSADA” yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Lumajang. Acara ini berlangsung selama 3 hari dan terbagi menjadi 3 tahap.terhitung mulai hari rabu 18 oktober 2023 s.d 20 oktober 2023. Bertempat di Aula Ponpes Miftahul Ulum. Kegiatan Jambore Santri Husada ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023.

Acara ini di ikuti oleh 4 poskestren yang berdomisili di lumajang, yaitu:

  • Poskestren Miftahul Ulum (selaku tuan rumah)
  • Poskestren Ma’had Bahrusy Syifa (jogotrunan,Bagusari,Lumajang)
  • Poskestren Manarul Qur’an (Kutorenon,Sukodono, Lumajang)
  • Poskestren Bustanul Ulum (Sawaran Kulon, Kedung Jajang, Lumajang)

Dan dipandu oleh Ratih Sulistyoningrum S.Km selaku pelaksana dalam acara ini.

            Tahapan pertama merupakan “pelatihan Komunikasi Antar Pribadi (KAP)” yang dilaksanakan pada hari pertama. Pada hari tersebut, acara dimulai dengan opening ceremony. lalu pengenalan diri dari panitia pelaksana dan peserta dari masing-masing poskestren. Kemudian berlanjut pada penyampaian materi oleh ibu Dias Dan ibu Irma selaku pemateri pada tahap ini yang menjelaskan tentang arti dan pentingnya komunikasi antar pribadi. dan dijeda dengan sesi ISHOMA (istirahat, sholat, dan makan). Pada sela sesi ini, para peserta diperkenankan untuk meninjau gedung poskestren Miftahul Ulum dan lingkungan sekitar. Setelah itu berlanjut pada sesi game (bermain dan belajar) sebagai acara penutup, yang mengedukasi para peserta agar saling mengenal dan saling bahu-membahu dalam masalah kesehatan demi terciptanya Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat.

            Tahapan kedua merupakan “pelatihan Media Penyebarluasan Informasi Kesehatan”,Yang dilaksanakan pada hari kedua. Materi yang disampaikan pada tahap kedua ini ialah cara-cara atau tutorial tentang:

  • Pembuatan foto optimalisasi media sosial, oleh Nurike Hanani Mahardika, S.Km
  • Pembuatan infografis kesehatan, oleh Faza Qonitatul ‘An, S.Km
  • Pembuatan video sederhana promosi kesehatan, oleh Ega Novia Jayanti S.Km

promosi kesehatan memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas hidup dan mencegah penyakit. Melalui edukasi, kesadaran, dan perubahan perilaku, promosi kesehatan dapat mempengaruhi individu, keluarga, komunitas, dan masyarakat secara keseluruhan.

Tahapan ketiga dalam acara jambore kader santri husada bertemakan “Upgrading Optimalisasi Poskestren”. Yang mana tahap ini sekaligus menjadi tahap penutup pada acara jambore santri husada. Terdapat 2 Materi yang disampaikan pada tahap terakhir ini:

  • Kiprah santri husada dalam mewujudkan pesantren sehat menuju Lumajang lebih sehat, oleh ketua Forum Komunikasi Poskestren (FKP) Lumajang; Aldi Firmansyah, S.H.
  • Pemberdayaan poskestren untuk meningkatkan PHBS di pondok pesantren, oleh Umar Hasan, S.Ag , selaku kepala seksi pendidikan diniyah dan pondok pesantren Lumajang.

Pada akhir acara, para peserta di perkenankan untuk menyanyikan yel-yel dari masing-masing poskestren. Kemudian disusul dengan pembagian bingkisan hadiah kepada setiap pemenang game dan pemberian piala juara umum.

            Tujuan pelaksanaan jambore ini adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan kader santri husada dalam mengembangkan dan mengelola Poskestren, khususnya dalam hal skill Komunikasi Antar Pribadi (KAP), pembuatan konten kesehatan dan optimalisasi sosial media, serta informasi mengenai pemberdayaan Poskestren untuk meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Ponpes. Serta diharapkan menjadi salah satu media komunikasi antar poskestren, sehingga melalui komunikasi yang efektif mampu mengurai permasalahan kesehatan yang dihadapi, khususnya terkait dengan permasalahan kesehatan masyarakat pondok pesantren.